SOAL PILIHAN GANDA PELAYANAN FARMASI KELAS XI
SOAL PILIHAN GANDA PELAYANAN FARMASI KELAS XI
1. Kerusakan emulsi karena penambahan bahan alkohol dan bersifat ireversibel disebut ...
A. Inversi
B. Crumbling
C. Creaming
D. Craking
E. Caking
2. Pembuatan emulsi dengan menambahkan zat pengemulsi ke dalam air untuk menghasilkan mucilago disebut dengan metode ..
A. Botol
B. Gom kering
C. Gom basah
D. Kocok dahulu
E. Kontinental
3. Bahan pengemulsi yang berasal dari hewan adalah ...
A. Bentonit
B. Adeps lanae
C. PGA
D. Tragakan
E. Agar-agar
4. Teori pembentukan emulsi yang menjelaskan lapisan listrik rangkap dalam emulsi disebut ...
A. Emulgator
B. Interfacial film
C. Oriented wedge
D. Orientasi listrik
E. Electric double layer
5. Sediaan dengan sistem dua fase yang salah satu cairannya terdispersi dalam cairan yang lain dalam bentuk tetesan kecil disbut ...
A. Solutio
B. Suspensi
C. Emulsi
D. Suspensi oral
E. Emulgator
6. Salah satu komponen tambahan dalam emulsi adalah ...
A. Zat pembasah
B. Zat pembawa
C. Emulgator
D. Corrigensia
E. Lubrikan
7. Peristiwa terjadinya perubahan tipe emulsi dari jenis A/M menjadi M/A atau sebaliknya disebut ...
A. Creaming
B. Breaking
C. Craking
D. Inversi
E. Demulsifikasi
8. Bahan pengental yang dapat ditambahkan untukmeningkatkan stabilitas emulsi adalah ...
A. Sabun
B. Tilosa
C. Kolesterol
D. Emulgator
E. Senyawa amonium kuartener
9. Suatu emulsi mempunyai tipe A/M maka ...
A. Kertas saring yang dicelupkan tidak meninggalkan noda minyak
B. Emulsi melarutkan zat warna biru metilen
C. Emulsi mempunyai hambat listrik yang besar
D. Larutan sudan III tidak memberikan warna merah pada emulsi
E. Tidak pecah jika diencerkan dengan air
10. Emulsi merupakan sediaan berupa campuran yang terdiri atas dua fase cairan dalam sistem dispersi, yaitu ...
A. Fase terdispersi dan fase kontinu
B. Fase terdispersi dan fase dalam
C. Fase cairan pembawa dan fase luar
D. Fase terdispersi dan fase cairan pembawa
E. Fase internal dan fase diskontinu
11. Dasar dalam konsep pemasaran adalah proses dalam ...
A. pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia
B. menganlisis strategi pemasaran
C. perencanaan pemasaran
D. perencanaan penjualan
E. menentukan strategi pemasaran
12. Ketrampilan individu dalam menjual, negosiasi, menekankan atau mendorong calon pembeli untuk mengambil keputusaan terhadap produk yang ditawarkan oleh penjual disebut ...
A. sales
B. salesman
C. promotion
D. marketing
E. salesmanship
13. Kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam disebut ...
A. Promosi
B. Keinginan
C. kebutuhan
D. permintaan
E. penentuan harga
14. Yang termasuk konsep pemasaraaan yaitu konsep ...
A. produksi, transportasi, penjualan, pemasaran, pemasaran sosial, pemasaran global
B. produksi, produk, penjualan, pemasaran, pemasaran global, pemasaran sosial
C. produksi, produk, strategi, pemasaran, pemasaran global, pemasaran sosial
D. produksi, produk, penjualan, pasar, pemasaran global, pemasaran sosial
E. produksi, produk, penjualan, pemasaran, perantara, pemasaran sosial
15. Konsep yang mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performa,dan ciri-ciri (spesifikasi) yang terbaik adlah konsep...
A. Produk
B. Produksi
C. Penjualan
D. pemasaran
E. pemasaran sosial
16. Konsep pemasaran dapat diungkapkan dengan cara berikut ini, kecuali ...
A. buatlah apa yang dapat dijual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat
B. temukan keinginan pasar dan penuhilah
C. cintailah pelanggan, bukan produk anda
D. lakukanlah menurut cara orang lain
E. andalah yang menentukan
17. Sistem pemasaran dengan suatu erja sama antara dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk memanfaatkan peluang pemasaran yang muncul adalah sistem pemasaran dengan saluran ...
A. Ganda
B. Double
C. Tunggal
D. Vertikal
E. Horizontal
18. Berikut ini yang bukan termasuk strategi pemasaran yaitu srtategi merangsang kebutuhan ...
A. Selektif dengan menjaring pelanggan baru
B. Primer dengan menambah jumlah pemakai
C. Primer dengan mengurangi tingkat pembelian
D. Primer dengan memperbesar tungkat pembelian
E. Selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada
19. Fungsi pemasaran yang bertujuan menyederhanakan keputusan-keputusan pembelian dengan menciptakan golongan barang tertentu yang didasarkan pada kriteria seperti ukuran, berat, warna, dan rasa disebut fungsi ...
A. Pembelian
B. Pembelanjaan
C. Standarisasi barang
D. Penanggungan resiko
E. Pengumpulan informasi pasar
20. Ketrampilan individu dalam menjual, negosiasi, menekankan atau mendorong calon pembeli untuk mengambil keputusan terhadap produk yang ditawarkan oleh penjual disebut ...
A. Sales
B. Salesman
C. Promotion
D. Marketing
E. Salesmanship
21. Tahapan kegiatan pengelolaan obat/perbekalan farmasi di GFK adalah ...
A. Perencanaan – pengadaan – penyimpanan – distribusi – pencatatan – penggunaan
B. Pengadaan – penyimpanan – distribusi – Perencanaan – pencatatan – penggunaan
C. Penyimpanan – distribusi – Perencanaan – pencatatan – penggunaan
D. Perencanaan – pengadaan – penyimpanan
E. Distribusi – pencatatan – penggunaan
22. Tempat penerimaan, penyimpanan,pendistribusian, dan pemeliharaan barang persediaan berupa obat, alat kesehatan, dan perbekalan kesehatan lainnya, definisi dari ...
A. Puskesmas
B. Instalasi Farmasi Rumah Sakit
C. Gudang Farmasi
D. Apotek
E. Control Inventory
23. Fungsi gudang farmasi,kecuali ...
A. Melakukan penerimaan, penyimpanan,pemeliharaan dan pemdistribusian obat, alat kesehatan dan perbekalan farmasi
B. Melakukan penyiapan, penyusunan rencana, pencatatan dan pelaporan mengenai persediaan dan penggunaan obat, alat kesehatan dan perbekalan farmasi
C. Melakukan pengamatan mutu dan khasiat obat secara umumb, baik yang dalam persediaan maupun yang didistribusikan
D. Melakukan urusan tata usaha, keuangan, kepegawaian dan urusan dalam
E. Penyiapan dan pengumpulan data
24. Metode pengadaan obat di Gudang Farmasi Kabupaten,kecuali ...
A. Pelelangan umum
B. Pelelangan terbatas
C. Pemilihan langsung
D. Pembelian/pengadaan langsung
E. Pemilihan pemasok
25. LPLPO kepanjangan dari ...
A. Laporan pemakain dan lembar pemintaan obat
B. Laporan pengesahan dan lembar permintaan obat
C. Laporan pemakaian dan laju permintaan obat
D. Laporan pengeluaran dan lembar penggunaanobat
E. Laporan pemisahan dan lembar pemakaian obat
26. Buku untuk mencatat keluar masuk obat, alat kesehatan, dan perbekalan farmasi adalah ...
A. Buffer stock
B. Kartu stok
C. Stock opname
D. Stokies
E. Kartu rencana
27. Suatu organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat di samping memberikan pelayanan secara terpadu dan menyeluruh kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentukkegiatan pokok, definisi ...
A. Apotek
B. Instalasi Farmasi Rumah Sakit
C. Gudang Farmasi
D. Puskesmas
E. Control Inventory
28. Sumber data pengisian LPLPO,kecuali ...
A. Kartu stok
B. Lembar permintaan obat
C. Buku catatan harian pemakaian obat
D. Buku catatan harian penerimaan resep
E. Buku catatan harian penerimaan
29. Kepanjangan IFRS...
A. Instalasi Formasi Rumah Sakit
B. Instalasi Farmasi Rumah Sakit
C. Instalasi Farmasi Rumah Sayang
D. Instalasi Farian Rumah Sakit
E. Instalasi Formasi Ramah Sakit
30. Suatu departemen atau unit di suatu rumah sakit di bawah pimpinan seorang apoteker dan dibantu oleh beberapa orang apoteker yang memenuhi persyaratansecara hukum untuk mengadakan,menyediakan dan mengelola seluruh aspek penyediaan perbekalan kesehatan di rumah sakit, definisi ...
A. Apotek
B. Instalasi Farmasi Rumah Sakit
C. Gudang Farmasi
D. Puskesmas
E. Control Inventory
Posting Komentar untuk "SOAL PILIHAN GANDA PELAYANAN FARMASI KELAS XI"